Thursday, August 31, 2017

HOW TO: Panduan Mudah Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Setelah sempat menghilang berhari-hari, akhirnya saya putuskan kembali lagi dengan mengambil beberapa keputusan untuk blog pribadi saya ini. Terutama terkait dengan konten yang akan saya sajikan. Kebetulan beberapa hari belakangan saya sedang sibuk mengutak-atik beberapa blog milik saya yang lain, jadilah saya putuskan untuk memberi beberapa tips atau semacam tutorial seputar blog untuk kedepannya di blog pribadi saya. Mungkin langsung aja pada intinya, kali ini saya mau kasih panduan mudah membuat blog bagi pemula yang belum tau cara membuat blog. Jadi sebelumnya saya sempat baca beberapa komentar di postingan fanpage yang mengadakan kompetisi blog, ternyata masih banyak orang yang belum mengerti cara membuat blog. Sebelum lanjut ke pembahasan, kenali dulu yuk tentang blog.

Apa itu Blog?

Apa Itu Blog?

Blog adalah sebuah platform atau situs yang dirancang sebagai tempat untuk memberikan informasi berupa konten tertulis semacam artikel, contohnya pada blog saya ini. Tetapi tidak hanya itu saja, pada sebuah blog kita juga bisa berbagi konten berupa gambar ataupun video sesuai keinginan kita. Nah, untuk membuat blog itu sendiri sebenarnya sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya diawal, cukup dengan koneksi internet yang terhubung pada laptop atau komputer kamu.

Selanjutnya setelah blog kamu jadi pun posting pertama harus mulai dibagikan. Biasanya orang berbagi tentang mengapa mereka membuat blog dan tujuan blog tersebut dibuat, atau semacam perkenalan khusus untuk menciptakan hubungan baru antar penulis blog dengan pembaca. Bagi saya ini adalah hal yang menyenangkan, dimana kita membuat sesuatu lalu memperkenalkan kepada orang-orang berharap ada seseorang lalu kemudian beberapa orang datang untuk memberikan komentar yang bisa membuat aktifitas blogging begitu menyenangkan dan penuh semangat.

Tidak sampai disitu, dengan konsistensi kamu di dunia blogging pun kamu juga bisa mulai menghasilkan uang dari sebuah blog. Pastikan blog yang kamu buat memiliki bahasan yang sesuai aturan dari google untuk penayangan iklan. Nah, salah satu yang akan saya bahas nanti pada artikel-artikel selanjutnya juga seputar cara menghasilkan uang dari sebuah blog. Mari kita lanjut ke pembahasan inti berikut ini.

Ada 5 cara yang diperlukan untuk menciptakan blog impianmu, yaitu:
  1. Menyiapkan Nama Blog
  2. Mendaftar Pada Situs Blog Online (*Gratis)
  3. Mendesain Blog
  4. Membuat Postingan Pertama
  5. Mulai Bagikan

Let’s start!

1. Menyiapkan Nama Blog
Ini adalah hal yang paling penting sebelum membuat sebuah blog, kamu harus memiliki nama untuk blog yang akan kamu buat nanti. Kamu bisa menggunakan nama yang unik dan mudah diingat, atau juga bisa menggunakan namamu sebagai nama blog dan situs blog kamu nanti. Kenapa nama blog penting? Jawabannya karena orang akan lebih mudah menemukan sesuatu yang mereka cari di internet berdasarkan nama blog atau situs.

2. Mendaftar Pada Situs Blog Online
Selanjutnya kamu perlu mendaftar pada situs blog online gratis yang ada seperti Wordpress, Blogspot, Drupal, Weebly ataupun Tumblr. Cara mendaftarnya pun mudah, sekedar saran kamu bisa gunakan Blogspot sebagai pemula karena lebih mudah. Berikut ini caranya:

Untuk mendaftar blog pada situs Wordpress kamu bisa klik disini dan ikuti panduan cara mendaftar pada gambar dibawah


Untuk mendaftar blog pada situs Blogspot kamu bisa klik disini dan ikuti panduan cara mendaftar pada gambar dibawah


Untuk mendaftar blog pada situs Weebly kamu bisa klik disini dan ikuti panduan cara mendaftar pada gambar dibawah


Untuk mendaftar blog pada situs Tumblr kamu bisa klik disini dan ikuti panduan cara mendaftar pada gambar dibawah


3. Mendesain Blog
Ini merupakan bagian yang paling saya suka dari aktifitas blogging, mendesain blog sesuai keinginan kita. Menurut saya pada bagian ini memang susah-susah gampang kalau sudah masuk ke bagian kustom html dan css atau ke bagian kode-kode lainnya. Apalagi untuk pemula yang sama sekali belum mengetahui tentang script atau kode tersebut. Tapi jangan khawatir, pada bagian mendesain blog untuk pemula cukup lakukan sedikit kustomisasi atau mengganti template basic dengan yang dapat membuat tampilan blog kamu jadi lebih menarik.

Untuk melakukan kustomisasi berikut ini caranya:
  • Masuk ke halaman Blogger (pastikan kamu sudah membuat akun blogmu)
  • Pilih menu Theme dan klik tombok Customize
  • Pada bagian customize kamu bisa melakukan beberapa perubahan pada font, ukuran, tata letak, sampai warna yang kamu inginkan pada blogmu. Mungkin awalnya terasa agak sulit, tetapi setelah tahu dan bisa pasti rasanya cukup menyenangkan.


Berbeda kalau kamu gak mau ribet melakukan kustomisasi pada blogmu, kamu bisa gunakan template desainer yang sesuai dengan keinginan kamu. Cukup memasang template dan beres.
Berikut ini cara memasang template pada blog:
  • Masuk ke halaman Blogger (pastikan kamu sudah membuat akun blogmu)
  • Pilih menu Theme dan klik tombol Backup/Restore pada bagian kanan atas (lihat pada gambar)
  • Jangan lupa untuk menyimpan template default blog kamu terlebih dahulu dengan meng-klik tombol download untuk berjaga-jaga apabila gagal memasang template baru.
  • Setelah itu klik tombol Choose File dan pilih file template yang sudah kamu download, lalu klik Upload dan tunggu sampai selesai.
  • Apabila upload file template berhasil maka tampilan blog kamu akan langsung berubah pada kotak Customize, tapi kalau gagal maka kamu akan diminta untuk meng-upload ulang filenya.


Untuk mendownload template gratis kamu bisa cek di beberapa situs dibawah ini dan pastikan template yang kamu download memang disediakan untuk blog jenis Blogspot.

4. Membuat Postingan Pertama
Apa artinya memiliki blog tanpa sebuat postingan? Nah, setelah blog kamu selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah membuat postingan pertamamu. Apa yang harus kamu tulis? Kalau kamu masih bingung apa yang mau kamu tulis, saya ada beberapa saran untuk membuat postingan pertamamu jadi lebih berkesan. Sebelum membuat postingan pertama silakan baca "Tips Menciptakan Postingan Pertama"

5. Mulai Bagikan Ke Social Media
Pada tahap ini, sebagai blogger pemula sangat-sangat dianjurkan untuk membagikan postingannya ke berbagai social media yang kamu miliki, terutama Facebook, Twitter dan G+. Kegiatan ini akan membuat blog kamu mulai dikenal oleh teman-teman social media kamu agar kamu juga bisa mendapatkan trafik yang memuaskan untuk setiap postingan yang kamu bagikan. Selain itu, kamu juga bisa menambah teman sesama blogger dan menjalin hubungan yang menyenangkan melalui sebuah blog. Tidak cukup disitu, jangan lupa untuk mengunjungi postingan blog-blog sesama teman blogger dan tinggalkan komentar relevan (sesuai topik).

Setelah kamu mengikuti Panduan Mudah Cara Membuat Blog Bagi Pemula ini, saya masih punya tips-tips lainnya untuk membangun sebuah blog. Penasaran? Jangan lupa untuk tetap terhubung J
Kritik & Saran silahkan berikan komentar dibawah ini, terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini dapat membantu.


signature

1 comment:

< > Home
Not A Planning Blog © , All Rights Reserved.